2013-03-03


KI dan KD BAHASA INGGRIS SMP KURIKULUM 2013

Kelas VII

KI
KD LAMA (SI)
KD BARU
 
Smt 1
KD 1
1.     Menerima dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya serta menghargai penganut agama lain.
 
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, dan kreatif dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat lingkungan sekitar.
 
3.     Memahami pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dengan cara mengamati,  mengaitkan, mempertanyakan, menalar induktif, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,  lingkungan alam dan sosial yang terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
 
4.     Menemukan, menerapkan, dan menyajikan: pengetahuan faktual,  konseptual,  dan prosedural secara logis, sistematis, dan kritis; seni yang menggambarkan keindahan; karya yang kreatif; dan tindakan/gerakan yang mencerminkan perilaku hidup sehat.
 
Listening
1.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
1.2   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
2.1   Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
2.2   Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
1.     Memahami dan mengungkapkan makna faktual dalam wacana lisan dan tertulis, pendek dan sederhana, secara  akurat dan berterima berupa:
 
1.1     wacana interpersonal: memberi dan merespon sapaan orang yang belum/sudah dikenal, memberi, meminta dan merespon pernyataan maaf , mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan menggunakan ungkapan kesantunan ‘Please’ untuk meminta jasa/barang/ informasi
 
1.2     wacana transaksional: Memberitahu dan menanyakan tentang fakta dan perasaan serta meminta dan menawarkan barang dan jasa
 
1.3     Wacana khusus:  membaca, dan menulis  label nama benda, inventory (daftar barang dalam satu kelompok), instruksi (instruction)
 
serta menanamkan nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, demokratis,  dan kreatif untuk  berinteraksi tentang lingkungan sosial dan alam di sekitar rumah dan sekolah dengan kelompok sebaya dan orang dewasa di lingkungan terdekatnya.
 
Speaking
3.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
3.2   Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
3.3   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
4.1   Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
4.2   Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Reading
5.1    Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
5.2    Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  
Writing
6.1   Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
6.2   Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Smt 2
KD 2
Listening
7.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  yang melibatkan tindak tutur:  meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta
7.2   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi pendapat , menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal
8.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
8.2   Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
2.     Memahami dan mengungkapkan makna faktual dalam wacana lisan dan tertulis, pendek dan sederhana, secara  akurat dan berterima berupa:
 
2.1      wacana interpersonal: memberi dan merespon sapaan orang yang belum/sudah dikenal, memberi, meminta dan merespon pernyataan maaf , mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan menggunakan ungkapan kesantunan ‘Please’ untuk meminta jasa/barang/ informasi
 
2.2      wacana transaksional: Memberitahu dan menanyakan tentang fakta dan perasaan serta meminta dan menawarkan barang dan jasa
 
2.3      Wacana fungsional khusus:  membaca dan menyalin tanda atau rambu (short notice) dan tanda peringatan (warning/caution) 
 
2.4      Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan menulis deskripsi (orang, benda, dan binatang)
 
 
serta menanamkan nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, demokratis,  dan kreatif untuk  berinteraksi tentang lingkungan sosial dan alam di sekitar rumah dan sekolah dengan kelompok sebaya dan orang dewasa di lingkungan terdekatnya.
 
Speaking
9.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan meminta dan memberi fakta
9.2        Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi pendapat, menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal
10.1          Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
10.2          Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
Reading
11.1          Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
11.2           Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
11.3           Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
Writing
12.1          Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana  dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
12.2          Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure

Liat Juga Kurikulum Bahasa Inggris kelas VIII
Kurikulum Bahasa Inggris 2013
Kelas VIII

KI
KD LAMA (SI)
KD BARU
 
Smt 1
KD 3
1.     Menerima dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya serta menghargai penganut agama lain.
 
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, dan kreatif dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat lingkungan sekitar.
 
3.     Memahami pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dengan cara mengamati,  mengaitkan, mempertanyakan, menalar induktif, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,  lingkungan alam dan sosial yang terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
 
4.     Menemukan, menerapkan, dan menyajikan: pengetahuan faktual,  konseptual,  dan prosedural secara logis, sistematis, dan kritis; seni yang menggambarkan keindahan; karya yang kreatif; dan tindakan/gerakan yang mencerminkan perilaku hidup sehat.
 
Listening
1.1  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
1.2  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
2.1  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
2.2  Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
 
1.     Memahami dan mengungkapkan makna faktual dan prosedural dalam wacana lisan dan tertulis, pendek dan sederhana, secara  akurat dan berterima berupa:
 
1.1  wacana interpersonal: memberi dan merespon sapaan orang yang belum/sudah dikenal, memberi, meminta dan merespon pernyataan maaf , mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan menggunakan ungkapan kesantunan ‘Please’ untuk meminta jasa/barang/ informasi
 
1.2    wacana transaksional: Memberitahu dan menanyakan tentang fakta dan perasaan serta meminta dan menawarkan barang dan jasa
 
1.3    Wacana fungsional khusus:  membaca, membacakan, dan menulis  pengumuman berisi instruksi (notice) dan pesan singkat (short message)
 
1.4    Wacana fungsional:  mendengarkan, membaca, membacakan, dan dan menulis descriptive (orang, benda, binatang)
 
1.5    Wacana fungsional:  mendengarkan, membaca, membacakan, dan dan menulis recount (pengalaman orang lain)
 
serta menanamkan nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, demokratis,  dan kreatif untuk  berinteraksi tentang lingkungan sosial dan alam di sekitar rumah dan sekolah dengan kelompok sebaya dan orang dewasa di lingkungan terdekatnya.
 
Speaking
3.1  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
3.2  Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
1.1   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek  sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
1.2   Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
Reading
5.1  Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan  esei berbentuk descriptive dan recount  pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.2  Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana  secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.3  Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
Writing
6.1  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
6.2  Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam  teks berbentuk descriptive dan recount
Smt 2
KD 4
Listening
7.1  get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
7.2  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, dan  mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
8.1  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.2  Merespon makna yang terdapat dalam monolog  pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount
 
2.     Memahami dan mengungkapkan makna dalam wacana lisan dan tertulis, pendek dan sederhana, secara  akurat dan berterima berupa:
 
2.1     wacana interpersonal: memberi dan merespon sapaan orang yang belum/sudah dikenal, memberi, meminta dan merespon pernyataan maaf , mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan menggunakan ungkapan kesantunan ‘Please’ untuk meminta jasa/barang/ informasi
 
2.2     wacana transaksional: Memberitahu dan menanyakan tentang fakta dan perasaan serta meminta dan menawarkan barang dan jasa
 
2.3     Wacana fungsional khusus:  membaca dan menulis undangan (invitation) dan kartu ucapan (greeting card)
 
2.4     Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan dan menulis recount (peristiwa dan pengalaman pribadi)
 
2.5     Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan menyalin narrative (fabel)
 
serta menanamkan nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, demokratis,  dan kreatif untuk  berinteraksi tentang lingkungan sosial dan alam di sekitar rumah dan sekolah dengan kelompok sebaya dan orang dewasa di lingkungan terdekatnya secara faktual.
Speaking
9.1  Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
9.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
10.1   Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
10.2   Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative
Reading
11.1   Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.2   Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.3   Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative
Writing
12.1     Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
12.2     Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk recount dan narrative

lihat juga Kurikulum Bahasa Inggris 2013 kelas IX