2013-02-05

TANAMAN OBAT
                                                                 JAHE
Jahe ( zinger officinale ) adalah tumbuhan berbatang semu atau berbatang basah yang menghasilkan umbi atau akar rimpang. Di Indonesia tanaman ini tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai pengunungan setinggi 1.600 M dpl. salah satu khas umbi jahe adalah rasanya yang pedas, rimpang tanaman ini banyak mengandung minyak atsiri atau minyak terbang yang berbau khas pula. minyak terbangnya terdiri dari berbagai jenis persenyawaan seperti zingiberin, kamper, felandren, sineol, borneol dan sebagainya. zat-zat itulah yang berkhasiat obat.
        Banyak obat-obatan tradisional yang menggunakan jahe sebagai bahannya. Yang paling populer adalah sebagai obat atau bobok untuk mengikuti sakit pegal linu ( rhematik ) yang menyerang persendian kaki maupun tangan dan anggota badan kita lainnya.
       untuk mengobati rhematik, biasanya jahe diparut lebih dahulu, adakalanya dicampur minyak kayu putih sedikit. parutan jahe tadi lalu digosokan atau di buat bobok pada bagian badan yang terasa sakit. jahe juga bisa di pakain untuk mengobati perut kembung karena masuk angin, sekaligus sebagai penghangat badan. jahe juga bisa di pakai untuk minuman yang lezat seperti bandrek ( jahe diparut + gula merah dan diseduh dengan air hangat ) dan wedang jahe. 

No comments:

Post a Comment