2013-03-03

Kurikulum  Bahasa Inggris 2013
Kelas IX

KI
KD LAMA (SI)
KD BARU
 
Smt 1
KD 5
1.     Menerima dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya serta menghargai penganut agama lain.
 
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, dan kreatif dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat lingkungan sekitar.
 
3.     Memahami pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dengan cara mengamati,  mengaitkan, mempertanyakan, menalar induktif, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,  lingkungan alam dan sosial yang terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
 
4.     Menemukan, menerapkan, dan menyajikan: pengetahuan faktual,  konseptual,  dan prosedural secara logis, sistematis, dan kritis; seni yang menggambarkan keindahan; karya yang kreatif; dan tindakan/gerakan yang mencerminkan perilaku hidup sehat.
 
Listening
1.1   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan
 
1.2   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman
2.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.2   Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
1.     Memahami dan mengungkapkan makna faktual prosedural dan konseptual dalam wacana lisan dan tertulis, pendek dan sederhana, secara  akurat dan berterima berupa:
 
1.1   wacana interpersonal: memberi dan merespon sapaan orang yang belum/sudah dikenal, memberi, meminta dan merespon pernyataan maaf , mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan menggunakan ungkapan kesantunan ‘Please’ untuk meminta jasa/barang/ informasi
 
1.2     wacana transaksional: Memberitahu dan menanyakan tentang fakta dan perasaan serta meminta dan menawarkan barang dan jasa
 
1.3     Wacana fungsional khusus:  membaca, membacakan, dan menulis  label (obat, makanan, minuman) dan pengumuman berisi pemberitahuan (announcement)
 
1.4     Wacana fungsional:  mendengarkan, membaca, membacakan, dan menyalin  narrative (cerita rakyat)
1.5     Wacana fungsional:  mendengarkan, membaca, membacakan, dan menulis report (benda)
 
serta menanamkan nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama dan kreatif untuk  berinteraksi tentang lingkungan sosial dan alam di sekitar rumah dan sekolah dengan kelompok sebaya dan orang dewasa di lingkungan terdekatnya.
 
Speaking
3.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan
3.2   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman 
 
4.1   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.2   Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
Reading
5.1   Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
5.2   Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.3   Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
Writing
6.1   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
6.2   Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam  teks berbentuk descriptive dan recount
Smt 2
KD 6
Listening
7.1   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
7.2   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, dan  mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
8.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.2    Merespon makna yang terdapat dalam monolog  pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount
2.     Memahami dan mengungkapkan makna faktual prosedural dan konseptual  dalam wacana lisan dan tertulis, pendek dan sederhana, secara  akurat dan berterima berupa:
 
2.1      wacana interpersonal: memberi dan merespon sapaan orang yang belum/sudah dikenal, memberi, meminta dan merespon pernyataan maaf , mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan menggunakan ungkapan kesantunan ‘Please’ untuk meminta jasa/barang/ informasi
 
2.2      wacana transaksional: Memberitahu dan menanyakan tentang fakta dan perasaan serta meminta dan menawarkan barang dan jasa
 
2.3      Wacana fungsional khusus:  membaca dan menyalin Iklan pendek produk dan Iklan pendek jasa
 
2.4      Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan,dan menyalin prosedur (manual, resep)
 
2.5      Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan menulis report (peristiwa)
 
serta menanamkan nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama dan kreatif untuk  berinteraksi tentang lingkungan sosial dan alam di sekitar rumah dan sekolah dengan kelompok sebaya dan orang dewasa di lingkungan terdekatnya.
Speaking
9.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
 
9.2   Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
10.1     Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
10.2     Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative
Reading
11.1     Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.2     Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.3     Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative
Writing
12.1     Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
12.2     Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk recount dan narrative

No comments:

Post a Comment