Kurikulum Bahasa Inggris 2013
Kelas IX
KI
|
KD LAMA (SI)
|
KD BARU
|
|
Smt 1
|
KD 5
|
1. Menerima dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya serta menghargai penganut agama lain.
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air,
semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, dan kreatif dalam berinteraksi
dengan kelompok sebaya dan masyarakat lingkungan sekitar.
3. Memahami pengetahuan faktual,
konseptual dan prosedural dengan cara mengamati, mengaitkan, mempertanyakan, menalar
induktif, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, lingkungan alam dan sosial yang terkait
fenomena dan kejadian yang tampak mata.
4. Menemukan, menerapkan, dan
menyajikan: pengetahuan faktual,
konseptual, dan prosedural
secara logis, sistematis, dan kritis; seni yang menggambarkan keindahan;
karya yang kreatif; dan tindakan/gerakan yang mencerminkan perilaku hidup
sehat.
|
Listening
1.1
Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta
mengungkapkan dan menanggapi keraguan
1.2
Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan
perhatian, dan menyatakan kekaguman
2.1
Merespon makna
yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.2
Merespon
makna yang terdapat dalam monolog
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
|
1.
Memahami
dan mengungkapkan makna faktual prosedural dan konseptual dalam wacana lisan dan
tertulis, pendek dan sederhana,
secara akurat dan berterima berupa:
1.1
wacana interpersonal: memberi dan merespon sapaan orang yang belum/sudah dikenal, memberi, meminta dan
merespon pernyataan maaf ,
mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan
menggunakan ungkapan kesantunan ‘Please’ untuk meminta jasa/barang/ informasi
1.2
wacana transaksional: Memberitahu dan menanyakan tentang fakta dan
perasaan serta meminta dan menawarkan barang dan jasa
1.3
Wacana fungsional khusus: membaca,
membacakan, dan menulis label (obat, makanan, minuman) dan pengumuman berisi pemberitahuan (announcement)
1.4
Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan menyalin narrative (cerita rakyat)
1.5
Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan menulis report (benda)
serta menanamkan
nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan, mandiri,
kerja sama dan kreatif untuk berinteraksi tentang lingkungan sosial dan
alam di sekitar rumah dan sekolah dengan kelompok sebaya dan orang dewasa di
lingkungan terdekatnya.
|
Speaking
3.1
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan
memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan
3.2
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta
pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman
|
||
4.1
Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.2
Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk procedure dan report
|
||
Reading
5.1
Membaca
nyaring bermakna teks fungsional dan
esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report dengan ucapan, tekanan dan intonasi
yang berterima
5.2
Merespon
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
5.3
Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam
teks berbentuk procedure dan report
|
||
Writing
6.1
Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
6.2
Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
||
Smt 2
|
KD 6
|
|
Listening
7.1
Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa,
meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari
informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima
/ menolak sesuatu
7.2
Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon
pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang,
dan menutup percakapan, dan mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
8.1
Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount
|
2.
Memahami
dan mengungkapkan makna faktual prosedural dan konseptual dalam
wacana lisan dan tertulis, pendek dan sederhana, secara akurat dan berterima berupa:
2.1
wacana interpersonal: memberi dan merespon sapaan orang yang belum/sudah dikenal, memberi, meminta dan merespon
pernyataan maaf , mengungkapkan
dan membalas terimakasih, dan
menggunakan ungkapan kesantunan ‘Please’ untuk meminta jasa/barang/ informasi
2.2 wacana transaksional:
Memberitahu dan menanyakan tentang fakta dan perasaan serta meminta dan
menawarkan barang dan jasa
2.3 Wacana fungsional khusus: membaca dan menyalin Iklan
pendek produk dan Iklan pendek
jasa
2.4
Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan,dan menyalin prosedur (manual, resep)
2.5
Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan menulis report (peristiwa)
serta menanamkan
nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan,
mandiri, kerja sama dan kreatif untuk berinteraksi tentang lingkungan sosial dan
alam di sekitar rumah dan sekolah dengan kelompok sebaya dan orang dewasa di
lingkungan terdekatnya.
|
|
Speaking
9.1
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta,
memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat,
dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
9.2
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap
pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
10.1
Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
10.2
Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount
dan narrative
|
||
Reading
11.1
Membaca
nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount
dan narrative dengan
ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan
sekitar
11.2
Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.3
Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative
|
||
Writing
12.1
Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
12.2
Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar berbentuk recount dan narrative
|
No comments:
Post a Comment