Kurikulum Bahasa Inggris 2013
lihat juga Kurikulum Bahasa Inggris 2013 kelas IX
Kelas VIII
KI
|
KD LAMA (SI)
|
KD BARU
|
|
Smt 1
|
KD 3
|
1. Menerima dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya serta menghargai penganut agama lain.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta
tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, dan kreatif dalam
berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat lingkungan sekitar.
3. Memahami
pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dengan cara mengamati, mengaitkan, mempertanyakan, menalar
induktif, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, lingkungan alam dan sosial yang terkait
fenomena dan kejadian yang tampak mata.
4. Menemukan,
menerapkan, dan menyajikan: pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural secara logis, sistematis, dan kritis; seni yang
menggambarkan keindahan; karya yang kreatif; dan tindakan/gerakan yang
mencerminkan perilaku hidup sehat.
|
Listening
1.1 Merespon makna yang terdapat
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa,
meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta
dan memberi pendapat
1.2 Merespon makna yang terdapat
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak
ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
2.1 Merespon makna yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
2.2 Merespon makna yang terdapat
dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
1. Memahami dan
mengungkapkan makna faktual dan prosedural dalam wacana lisan dan tertulis, pendek dan
sederhana, secara akurat dan berterima
berupa:
1.1
wacana
interpersonal: memberi dan merespon
sapaan orang yang belum/sudah
dikenal, memberi, meminta dan merespon pernyataan maaf , mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan menggunakan ungkapan kesantunan
‘Please’ untuk meminta jasa/barang/ informasi
1.2 wacana transaksional: Memberitahu dan
menanyakan tentang fakta dan perasaan serta meminta dan menawarkan barang dan
jasa
1.3 Wacana fungsional khusus: membaca, membacakan, dan menulis pengumuman berisi
instruksi (notice) dan pesan singkat
(short message)
1.4 Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan,
dan dan menulis descriptive (orang, benda, binatang)
1.5 Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan,
dan dan menulis recount (pengalaman orang lain)
serta menanamkan nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja
sama, demokratis, dan kreatif untuk
berinteraksi tentang lingkungan sosial dan alam di sekitar rumah dan
sekolah dengan kelompok sebaya dan orang dewasa di lingkungan terdekatnya.
|
Speaking
3.1 Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui,
mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
3.2 Memahami dan merespon
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji,
dan memberi selamat
|
||
1.1 Mengungkapkan makna dalam
bentuk teks lisan fungsional pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
1.2 Mengungkapkan makna dalam
monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
||
Reading
5.1 Membaca nyaring bermakna teks
tulis fungsional dan esei berbentuk descriptive
dan recount pendek dan
sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan
dengan lingkungan sekitar
5.2 Merespon makna dalam teks tulis
fungsional pendek sederhana secara
akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.3 Merespon makna dan langkah
retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
||
Writing
6.1 Mengungkapkan makna dalam
bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
6.2 Mengungkapkan makna dan langkah
retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
||
Smt 2
|
KD 4
|
|
Listening
7.1 get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa,
meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari
informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima
/ menolak sesuatu
7.2 Merespon makna yang terdapat
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon
pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang,
dan menutup percakapan, dan mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
8.1 Merespon makna yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.2 Merespon makna yang terdapat
dalam monolog pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan
recount
|
2.
Memahami dan mengungkapkan makna dalam wacana lisan dan tertulis, pendek dan sederhana, secara akurat dan berterima berupa:
2.1
wacana
interpersonal: memberi dan merespon
sapaan orang yang belum/sudah
dikenal, memberi, meminta dan merespon pernyataan maaf , mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan menggunakan ungkapan kesantunan
‘Please’ untuk meminta jasa/barang/ informasi
2.2
wacana
transaksional: Memberitahu dan
menanyakan tentang fakta dan perasaan serta meminta dan menawarkan barang dan
jasa
2.3
Wacana fungsional khusus: membaca dan menulis undangan (invitation) dan kartu ucapan (greeting card)
2.4
Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan dan menulis recount (peristiwa dan pengalaman pribadi)
2.5
Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan menyalin narrative
(fabel)
serta menanamkan nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja
sama, demokratis, dan kreatif untuk
berinteraksi tentang lingkungan sosial dan alam di sekitar rumah dan
sekolah dengan kelompok sebaya dan orang dewasa di lingkungan terdekatnya
secara faktual.
|
|
Speaking
9.1 Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang,
meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak
pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
9.2 Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian
terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta
mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
10.1 Mengungkapkan makna dalam teks
lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
10.2 Mengungkapkan makna dalam
monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative
|
||
Reading
11.1 Membaca nyaring bermakna teks
fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan
narrative dengan ucapan, tekanan
dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.2 Merespon makna dalam teks tulis
fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang
berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.3 Merespon makna dan langkah
retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk recount dan
narrative
|
||
Writing
12.1
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
12.2
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar berbentuk recount dan narrative
|
lihat juga Kurikulum Bahasa Inggris 2013 kelas IX
No comments:
Post a Comment