KI dan KD BAHASA INGGRIS SMP KURIKULUM 2013
Kelas VII
KI
|
KD LAMA (SI)
|
KD BARU
|
|
Smt 1
|
KD 1
|
1. Menerima dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya serta menghargai penganut agama lain.
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air,
semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, dan kreatif dalam berinteraksi
dengan kelompok sebaya dan masyarakat lingkungan sekitar.
3. Memahami pengetahuan faktual,
konseptual dan prosedural dengan cara mengamati, mengaitkan, mempertanyakan, menalar
induktif, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, lingkungan alam dan sosial yang terkait
fenomena dan kejadian yang tampak mata.
4. Menemukan, menerapkan, dan
menyajikan: pengetahuan faktual,
konseptual, dan prosedural secara
logis, sistematis, dan kritis; seni yang menggambarkan keindahan; karya yang
kreatif; dan tindakan/gerakan yang mencerminkan perilaku hidup sehat.
|
Listening
1.1
Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang
menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri
sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
1.2
Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang
menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih,
meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
2.1
Merespon
makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
2.2 Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks
lisan fungsional pendek sangat sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
1.
Memahami
dan mengungkapkan makna faktual dalam wacana lisan dan
tertulis, pendek dan sederhana,
secara akurat dan berterima berupa:
1.1
wacana interpersonal: memberi dan merespon sapaan orang yang belum/sudah dikenal, memberi, meminta dan
merespon pernyataan maaf ,
mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan
menggunakan ungkapan kesantunan ‘Please’ untuk meminta jasa/barang/ informasi
1.2
wacana transaksional: Memberitahu dan menanyakan tentang fakta dan
perasaan serta meminta dan menawarkan barang dan jasa
1.3
Wacana khusus: membaca, dan menulis label nama benda, inventory (daftar
barang dalam satu kelompok), instruksi (instruction)
serta menanamkan
nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan,
mandiri, kerja sama, demokratis, dan
kreatif untuk
berinteraksi tentang lingkungan sosial dan alam di sekitar rumah dan
sekolah dengan kelompok sebaya dan orang dewasa di lingkungan terdekatnya.
|
Speaking
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan
sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
3.2 Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat
yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal,
memperkenalkan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
3.3 Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi
informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan
kesantunan
|
||
4.1 Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks
lisan fungsional pendek sangat sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
4.2 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan
fungsional pendek sangat sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
||
Reading
5.1 Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan
kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan
dengan lingkungan terdekat
5.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana
secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan
terdekat
|
||
Writing
6.1 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
6.2 Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
||
Smt 2
|
KD 2
|
|
Listening
7.1
Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta dan memberi jasa,
meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta
7.2
Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur:
meminta dan memberi pendapat , menyatakan suka dan tidak suka, meminta
klarifikasi, dan merespon secara interpersonal
8.1
Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
8.2
Merespon
makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive
dan procedure
|
2.
Memahami
dan mengungkapkan makna faktual dalam wacana lisan dan
tertulis, pendek dan sederhana,
secara akurat dan berterima berupa:
2.1
wacana interpersonal: memberi dan merespon sapaan orang yang belum/sudah dikenal, memberi, meminta dan
merespon pernyataan maaf ,
mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan
menggunakan ungkapan kesantunan ‘Please’ untuk meminta jasa/barang/ informasi
2.2 wacana transaksional:
Memberitahu dan menanyakan tentang fakta dan perasaan serta meminta dan
menawarkan barang dan jasa
2.3
Wacana fungsional
khusus: membaca dan menyalin tanda atau rambu (short notice) dan tanda peringatan (warning/caution)
2.4
Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan menulis deskripsi (orang, benda, dan
binatang)
serta menanamkan
nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan,
mandiri, kerja sama, demokratis, dan
kreatif untuk
berinteraksi tentang lingkungan sosial dan alam di sekitar rumah dan
sekolah dengan kelompok sebaya dan orang dewasa di lingkungan terdekatnya.
|
|
Speaking
9.1
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan
meminta dan memberi fakta
9.2
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi
pendapat, menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, merespon
secara interpersonal
10.1
Mengungkapkan
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
10.2
Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive
dan procedure
|
||
Reading
11.1
Merespon
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
11.2
Merespon makna dan langkah retorika secara
akurat, lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan
dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
11.3
Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan
esei pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive dan
procedure dengan ucapan, tekanan
dan intonasi yang berterima
|
||
Writing
12.1
Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
12.2
Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive
dan procedure
|
Liat Juga Kurikulum Bahasa Inggris kelas VIII